Kamis, 27 Juni 2013

Tema : Sel adalah Unit Dasar Bagi Struktur dan Fungsi Organisme

Dalam jenjang struktural kehidupan, sel memiliki tempat istimewasebagai tingkat organisasi terendah yang dapat melakukan semua aktivitas yang dibutuhkan agar tetap hidup. Terlebih lagi, semua aktivitas organisme didasarkan pada aktivitas sel. Misalnya pembelahan sel untuk membentuk sel-sel baru adalah dasar bagi semua reproduksi dan bagi pertumbuhan serta perbaikan organisme multiselular. Contoh lain, pergerakan mata Anda saat membaca baris ini didasarkan pada aktivitas sel otot dan sel saraf. Bahkan suatu proses global seperti siklus karbon merupakan produk kumulatif dari aktivitas selular, termasuk fotosintesis yang terjadi dalam kloroplas sel daun. Memahami bagaimana sel bekerja merupakan salah satu fokus utama riset biologi.

Semua sel memiliki ciri-ciri tertentu yang sama. Misalnya, setiap sel diselubungi oleh membran yang meregulasi lalu lintas materi antara sel dan lingkungannya. Setiap sel juga menggunakan DNA sebagai informasi genetik. Akan tetapi, kita dapat membedakan dua bentuk utama sel, sel prokariot dan sel eukariot. Sel-sel pada dua kelompok mikroorganisme yang disebut bakteri dan arkea adalah sel prokariot. Semua bentuk lain kehidupan, termasuk tumbuhan dan hewan, tersusun atas sel eukariot.


Sel eukariot (eukaryotic cell) terbagi oleh membran internal menjadi berbagai organel terselubung-membran, misalnya yang Anda lihat pada gambar diatas. Pada sebagian besar sel eukariot, organel terbesar adalah nukleus (inti), yang mengandung DNA sel. Organel lain terletak dalam sitoplasma, keseluruhan wilayah antara nukleus dan membran terluar sel. Seperti yang ditunjukan pada gambar di atas, sel prokariot jauh lebih sederhana dan umumnya lebih kecil daripada sel eukariot. Dalam sel prokariot (prokaryotic cell), DNA tidak dipisahkan dari bagian sel yang lain oleh selubung di dalam nukleus yang dibatasi membran. Sel prokariot juga tidak memiliki organel terselubung membran lain yang mencirikan sel eukariot. Namun, terlepas dari apakah suatu organisme memiliki sel prokariot atau eukariot, struktur dan fungsinya bergantung pada sel.


 Source :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar